www.ika-riris.info

Newsflash

'Wahai manusia! Sembahlah Tuhan-mu yang telah Menciptakan kamu dan orang-orang yang sebelum kamu, agar kamu bertakwa.' QS 2:21

'(Dia-lah) yang Menjadikan bumi sebagai hamparan bagimu dan langit sebagai atap, dan Dia-lah yang Menurunkan air (hujan) dari langit, lalu Dia Hasilkan dengan (hujan) itu buah-buahan sebagai rejeki untukmu. Karena itu janganlah kamu mengadakan tandingan-tandingan bagi Allah, padahal kamu mengetahui.' QS 2:22

'Dan jika kamu meragukan (al-Quran) yang Kami Turunkan kepada hamba Kami (Muhammad), maka buatlah satu surah semisal dengannya dan ajaklah penolong-penolongmu selain Allah, jika kamu oarng-orang yang benar' QS 2:23

'Jika kamu tidak mampu membuatnya, dna (pasti) kamu tidak akan mampu, maka takutlah kamu akan api neraka yang bahan bakarnya manusia dan batu yang disediakan bagi orang-orang kafir.' QS 2:24

Jatiluhur, 2011

E-mail Print PDF

Setelah 2 bulan perencanaan, maka akhirnya acara RAKER BMT MBA ITS yang dibungkus wisata bisnis ke jatiluhur diselenggarakan tanggal 22-23 April 2011. Membuat konsep acara, menghitung budget, mencari peserta, berkoordinasi dengan tim lainnya, maka alhamdulillah acara ini diikuti total 20 orang (dewasa dan anak-anak).

Pada kesempatan ini kami menyewa 2 wisma yang sayangnya tidak bisa saya sebutkan disini namanya. Kami mendapatkan harga total Rp 1.870.000/malam utk 2 wisma dgn total 8 kamar. Di bagian yg sama, terdapat 2 wisma lainnya yang harganya sedikit lebih mahal karena dilengkapi dgn ruang meeting. Cocok untuk rapat kerja. Sebagai referensi, disana ada wisma/hotel lainnya yang dikelola oleh Grama Tirta Jatiluhur. Untuk datang kesini, Anda tinggal menuju kawasan wisata Waduk Jatiluhur. Kalau tidak menginap disana, untuk masuk, Anda perlu membayar Rp 7.500/orang (dewasa), tarif utk anak-anak berbeda, mobil pun dikenai tiket (cuma lupa tarifnya). Karena kami menginap disana, kami pun bebas bayar. Disekitar waduk, terdapat banyak penjual makanan dan minuman dengan harga wajar. Anda bisa menikmati wisata perahu atau bahkan mencoba sensasi makan di restoran terapung. FYI, waduk jatiluhur merupakan bahan baku air minum daerah Purwakarta, Karawang, Cikarang, Bekasi, Jakarta  dan sekitarnya, yang dialirkan melalui kalimalang. Selain difungsikan sebagai PLTA.

Wisma

Bagian dalam wisma terdapat 4 kamar (masing-masing terdiri dari 2 single bed). Masing-masing kamar disertai kamar mandi dalam, AC, lemari. Fasilitas wisma, tersedia TV, kulkas, dispenser+galon air,dapur (lengkap dgn isinya), ruang tamu, meja makan, AC di ruangan tamu. Well dari 4 mobil yang datang, 2 mobil sukses tidak kesasar, 2 mobil lainnya kesasar hingga waktu yang lama (petunjuk arah tidak jelas memang). Rencana awal, setelah check in, makan siang, istirahat, kami mengunjungi karamba ikan pada sore hari. Sayang, cuaca sangat tidak bersahabat, sehingga, kami pun melewati hari pertama di dalam wisma dengan ngobrol santai. Business Sharing. Beberapa dari kami, berwisata di seputar waduk Jatiluhur. Menu makan siang kami adalah ikan patin. Malam, kami menikmati ayam+ikan mujaer. (Makasih buat Indhi dan Kakaknya yg sudah menyiapkan semua hidangan lezat untuk kami).

Sabtu, 23 April 2011.

Selepas Shubuh, sebagian dari kami memulai aktivitas dengan jalan pagi. Di jalanan, sangat ramai orang. Kami bertemu dengan para atlet dayung nasional yg sedang berlatih utk SEA GAMES. Good Luck for Indonesia. Jam setengah tujuh, nasi bungkus yang dipesan di warung depan wisma, tersedia. Pagi itu kami menyantap nasi ditemani lauk dadar telor+oseng-oseng buncis, enak dimakan selagi hangat.

Foto Bersama (Sebagian masih di kamar)

Membagi Keceriaan Pagi untuk Anda

Happy Morning

Tepat jam 8 pagi, kami pun membagi rombongan dalam 2 tim. Tim pertama (2 mobil) yg berisi anak-anak, bergerak kearah waduk jatiluhur, naik perahu, melihat karamba ikan. Salahsatu bisnis yang menjadi mata pencarian sebagian besar penduduk di sekitar waduk jatiluhur.

Naik Perahu, Seru Banget !!!

Dan tim kedua (2 mobil juga) bergegas menuju arah Subang melewati Wanayasa, Purwakarta untuk menuju ke Pabrik Atsiri milik teman saya, Ferry. Dan....perjalanan off road pun dimulai. Perjalanan menegangkan pun dimulai, sedan sangat tidak dianjurkan untuk melintas disini.

Waduk Jatiluhur

@ Subang, Jawa Barat, Indonesia

@ Pabrik Atsiri, Subang

Mini Plant

Penjemuran Bahan Baku

Penyemaian Bibit Tanaman

Bahan baku yang sudah diproses, dikeluarkan

Minyak Atsiri

Kotoran kambing bisa jadi pupuk tanaman

Setelah 2 jam 'belajar singkat' ditemani pak Asep (kebetulan teman saya, Ferry, harus terbang ke Sumatera utk menemui klien), kami pun bergegas pulang. Tim pertama yang terdiri dari anak-anak sudah mulai bosan menunggu kami kembali dari Subang. Sebelum pulang dr pabrik atsiri, kami melihat jalanan menuju kesana sedang diperbaiki, dengan begitu, ke depannya kami berharap bisa berkunjung lagi dalam kondisi jalan yang lebih nyaman dilalui, dan mungkin akhirnya sedan pun bisa melintas. Dan saat pulang, kami mencoba jalan baru, dan tiba-tiba.....ada tumpukan batu di jalan yg mengharuskan kami memutar balik. benar-benar butuh perjuangan extra untuk bisa mengatasi hal tersebut. But anyway..tetep seru juga sih. Hahahaha. Terima kasih Ferry dan pak Asep atas kesediannya menerima kunjungan kami. Semoga sukses selalu membangun bisnis atsiri-nya. Dan semoga suatu saat, salahsatu diantara kami bisa mengikuti jejak Anda sekalian. Jadi pengusaha atsiri juga. Ga mau kalah dong.

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Plered. Tujuan kami selanjutnya adalah sentra keramik/gerabah di Plered. 4 Mobil bergabung sudah. Menuju kesini, Anda tinggal menuju tol cipularang, keluar tol Jatiluhur, ambil arah kanan, Bandung. Kalau keluar kekiri, kearah Jatiluhur, Subang dan Purwakarta. Tidak jauh dari pintu tol, sekitar 10 menit memakai mobil. Dan selanjutnya, kami pun berkesempatan melihat langsung pembuatan gerabah dan sebagian, ikut mencoba. Ternyata susah ya....perlu waktu untuk belajar dan menjadi mahir.

Memperhatikan dengan semangat

Cak Rudy, Ketua BMT MBA ITS

Belajar Yuk

Siapa tahu gerabah dirumah Anda buatan Plered?

We were happy

Dan akhirnya kami pun harus mengakhiri perjalanan kami selama 2 hari, wisata bisnis di seputar Purwakarta dan Subang. Terima kasih kepada Allah SWT atas segala kemudahanNya, teman-teman BMT MBA ITS (Cak Rudy, Mbak Ratih, Indhi & keluarga), Cak Irfan dan Putut, terima kasih sudah transfer tapi karena ada acara keluarga, tdk bisa gabung. Bu Ketut dan keluarga yg tdk pernah ragu utk ikut setiap acara yg saya buat, Irwadi yg berkata 'saya percaya acara mbak Riris pasti bagus' sehingga saya tdk perlu susah-susah menjelaskan konsep acara, dan Hadi, peserta terakhir yang memutuskan  bergabung di saat-saat terakhir. To Hadi, semoga sukses memulai langkah baru dgn resign dan mencoba menjadi wirausaha, selama msh muda dan blm ada tanggungan, rasa-rasanya keputusan itu sangat tepat (ah jadi ingat keputusan saya 6 tahun lalu utk berpindah dari zona nyaman sbg employee menjadi business owner, bonek!), juga Ferry dan pak Asep di Subang, dan terima kasih banyak kepada semua Pihak yg tidak bisa kami sebutkan satu persatu disini. Mohon maaf utk hal-hal yg kurang berkenan selama pelaksanaan acara. Semoga kita bisa bertemu lagi dalam kesempatan yg akan datang. Semoga Allah senantiasa merestui segala langkah kita. Halal dan baik, agar barokah dan selamat, di dunia dan akhirat