www.ika-riris.info

Newsflash

'Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah Melipatgandakan bagi siapa yang Dia Kehendaki, dan Allah Maha Luas, Maha Mengetahui.'

QS Al Baqarah (2) : 261

 

Jalan-Jalan Yuk

E-mail Print PDF

smile

Sekarang saya seperti orang yang kecanduan jalan-jalan. Menjelajahi tempat baru, berwisata kuliner, dan secara keseluruhan, menemukan pengalaman baru, baik yg positif dan negatif.

Berikut adalah beberapa persiapan untuk berjalan-jalan :

1. Tentukan tujuan perjalanan. Begitu banyak informasi terkait tempat wisata bisa Anda temukan melalui internet, brosur perjalanan, buku-buku travelling. Lakukan riset untuk menentukan travelling budget.

2. Tentukan waktu perjalanan. Anda suka dadakan atau butuh persiapan lebih jauh? Itu semua pilihan. Bagi karyawan, saatnya memperhitungkan waktu cuti dengan cermat.

3. Menabunglah. Ya, biaya perjalanan tidak mahal jika Anda sudah mempersiapkan dengan matang. Menabung adalah pilihan yang tepat. Lebih murah lagi kalau Anda bisa mendapat patner perjalanan, karena Anda punya kesmepatan untuk berbagi kamar, kendaraan, dll.

4. Persiapan dokumen pendukung. Kalau ingin keluar negeri, maka Anda harus memiliki paspor terlebih dahulu. Susah ga sih buat paspor? Sebenarnya tidak juga, cuma memang cukup menghabiskan waktu anda, itu aja kok. Secara umum tahapan bikin paspor ada 4 langkah : 1. Menyiapkan dokumen pendukung. Seperti KTP, KK, Akte Kelahiran, surat nikah (bagi yg menikah), Ijazah terakhir, surat rekomendasi/sponsor dari kantor (bila anda adalah karyawan). Siapkan asli dan copy-nya. 2. Datanglah ke kantor Imigrasi terdekat atau dimanapun anda ingin datang (sekarang online, jadi kita bisa membuat paspor dimana saja). Minta (beli) form permohonan pengajuan paspor (biasnya disediakan di Koperasi kantor Imigrasi. Isi dan daftarkan berkas anda segera. Yang perlu diingat, jam kerja penerimaan berkas pengajuan permohonan paspor ditutup sebelum makan siang, jadi datanglah pagi. Setelah berkas dan dokumen masuk, kita akan menunggu panggilan terkait verifikasi awal dokumen yang kita bawa. Setelah beres, anda tinggal menunggu antrian utk jadwal wawancara/foto, pd hari lain. 3. Datang saat sesi wawancara, foto, pengambilan sidik jari, pada hari yg sudah ditentukan. Proses pembayaran, pada tahap ini. 4. Ambillah paspor anda (bisa diwakilkan kalau repot). Selengkapnya bisa dilihat di web Ditjen Imigrasi Republik Indonesia. Satu hal yg harus diperhatikan, jangan berpergian keluar negeri bila masa kedaluwarsa paspor Anda kurang dari 6 bulan.

Bagaimana dengan VISA? Untuk mengunjungi negara-negara ASEAN, Anda tidak perlu mengurus VISA. Enak kan? Kalau harus mengurus VISA, Anda wajib datang ke kantor kedutaan negara yang akan Anda kunjungi. Besaran biaya dan proses tergantung kebijakan lokal masing-masing Kedutaan.

Ohya kalau dulu keluar negeri harus membayar fiskal, sekarang sudah tidak lagi. Jadi lebih murah deh.

5. Saatnya memesan tiket. Beberapa maskapai memberi harga murah meriah, bahkan saking murahnya, lebih murah dari harga tiket bis Jakarta-Surabaya sekalipun. Jadi pantau terus website maskapai penerbangan, dapatkan harga promo!

6. Pesan kamar. Yang perlu diingat, pada musim liburan atau pusat perayaan tertentu, hotel/penginapan bisa sangat penuh. Jadi ada baiknya Anda segera memesan di awal. Beberapa jasa pemesanan kamar malah hanya menerapkan booking fee 10% dari biaya total, jadi cukup murah. Lebih aman bagi Anda dalam hal kepastian ketersediaan kamar menginap, dan kalau pun Anda ingin berganti hotel/penginapan saat hari H, juga dimungkinkan. Informasi hotel dan penginapan di Indonesia ada disini. Untuk pemesanan kamar diluar negeri, Anda bisa menggunakan jasa berikut dengan sistem booking 10% dari harga total, ada BOOKING, Hostelworld, Lonely Planet dan HOSTEL. Sedangkan pemesanan lewat AGODA harus membayar keseluruhan biaya kamar di depan. Kadang kalau masih hanya bayar booking 10% sementara waktu kedatangan Anda jauh setelah jam check in seharusnya, Anda harus segera konfirmasi ke hotel tempat Anda menginap, sebelum Anda dianggap tidak jadi datang. Bisa berabe entar. Sejauh sudah dikomunikasikan dengan baik, tidak ada masalah.

Ingin tidur gratis di negeri orang dan atau punya pemandu gratis. Bisa juga lho. Hehehehe...seru kan ya. Begitu banyak pecinta travelling di seluruh belahan dunia, itu makanya mereka membuat komunitas di dunia maya. Lihat dan login disini ya, Couch Surfing dan atau Hospitality Club.

7. Are you ready for vacation? Pastikan Anda sudah membawa baju yg sesuai (di beberapa negara memiliki musim berbeda dengan cuaca di Indonesia), dan sebagai persediaan makanan, Anda bisa membawa bekal. Kadang lidah kita susah menemukan makanan yang sesuai di luar negeri. Jangan lupa bawa tempat minum ya, di beberapa negara, air tersedia secara gratis (kalau beli malah mahal).

Well, happy travelling. Enjoy your life with new experience.