www.ika-riris.info

Newsflash

'Allah Menyatakan bahwa tidak ada tuhan selain Dia; (demikian pula) para malaikat dan orang berilmu yang menegakkan keadilan, tidak ada Tuhan selain Dia, Yang Maha Perkasa, Maha Bijaksana.' QS 3:18

'Sesungguhnya agama di sisi Allah ialah islam. Tidaklah berselisih orang-orang yang telah diberi Kitab kecuali setelah mereka memperoleh ilmu, karena kedengkian di antara mereka. Barangsiapa ingkar terhadap ayat-ayat Allah, maka sungguh, Allah sangat cepat perhitungan-Nya.' QS 3:19

 

opportunity

Nilam

E-mail Print PDF

Nilam merupakan salahsatu bahan baku minyak atsiri. Harga bibit murah, biaya perawatan ringan, bila diolah bisa bernilai mahal. Salahsatu penggunaan minyak nilam adalah minyak tawon.

EKOLOGI
Tanaman nilam dapat tumbuh di dataran rendah maupun tinggi dengan ketinggian optimal 10-400 mdpl, curah hujan antara 2500 - 3500 mm/th dan merata sepanjang tahun, suhu 24 - 280C, kelembaban lebih dari 75%, intensitas penyinaran matahari cukup, tanah subur dan gembur kaya akan humus.

PENGELOLAAN HAMA DAN PENYAKIT
1. H a m a
a. Ulat Penggulung Daun (Pachyzaneba stutalis)
Ulat hidup dalam gulungan daun muda, sambil memakan daun yang tumbuh, serangan berat hanya tinggal tulang-tulang daun saja. Pengendalian : kumpulkan dan musnahkan .

b. Belalang ( Orthoptera )
Hama ini memakan daun, sehingga tanaman menjadi gundul. Serangan berat batang dimakan akhirnya mati. Pengendalian : sanitasi lingkungan .
c. Criket Pemakan Daun (Gryllidae)
Memakan daun muda sehingga daun berlubang-lubang dan produksi turun. Pengendalian : sanitasi lingkungan.

Last Updated on Friday, 08 July 2011 16:08 Read more...

P A L A

E-mail Print PDF

MANFAAT TANAMAN

Selain sebagai rempah-rempah, pala juga berfungsi sebagai tanaman penghasil minyak atsiri yang banyak digunakan dalam industri pengalengan, minuman dan kosmetik. Kulit batang dan daun. Batang/kayu pohon pala yang disebut dengan “kino” hanya dimanfaatkan sebagai kayu bakar. Kulit batang dan daun tanaman pala menghasilkan minyak atsiri. Fuli. Fuli adalah benda untuk menyelimuti biji buah pala yang berbentuk seperti anyaman pala, disebut “bunga pala”. Bunga pala ini dalam bentuk kering banyak dijual didalam negeri. Biji pala. Biji pala tidak pernah dimanfaatkan oleh orang-orang pribumi sebagai rempah-rempah. Buah pala sesungguhnya dapat meringankan semua rasa sakit dan rasa nyeri yang disebabkan oleh kedinginan dan masuk angin dalam lambung dan usus. Biji pala sangat baik untuk obat pencernaan yang terganggu, obat muntahmuntah dan lain-lainya. Daging buah pala. Daging buah pala sangat baik dan sangat digemari oleh masyarakat jika telah diproses menjadi makanan ringan, misalnya: asinan pala, manisan pala, marmelade, selai pala, kKristal daging buah pala.

Last Updated on Friday, 08 July 2011 16:12 Read more...

Kelapa Sawit

E-mail Print PDF

Akhir-akhir ini saya seringkali mendapat penawaran untuk berinvestasi di lahan sawit. Pun di berbagai milis yang saya ikuti khususnya yang berkaitan dengan agrobisnis, seringkali dicari atau ditawarkan lahan sawit. Status saya saat ini adalah peminat, karena saya pribadi tertarik tetapi masih ragu mengingat untuk berinvestasi sawit, rata-rata di luar Jawa. So it will be costly for any trip. But honestly, kalau dihitung ongkosnya tetap murah sih dibandingkan investasi lahan di pulau Jawa.

Setelah mencari tahu, berikut ini paparan teman, mas Achmad Shoihuddin tentang sawit. Kebetulan beliau adalah pelaku bisnis sawit di Kalimantan, saat ini. Berikut tulisan beliau saya rangkum sebagai berikut ini :

Last Updated on Friday, 08 July 2011 16:10 Read more...

Investasi Bodong

E-mail Print PDF

Untuk menghindari penipuan, masyarakat diharapkan tidak mudah terbujuk investasi yang menjanjikan keuntungan di luar kewajaran. "Investasi memang sering menjanjikan keuntungan menarik. Namun, masyarakat tidak boleh gegabah dengan mengikuti ajakan berinvestasi dengan keuntungan cukup tinggi," kata Kepala Subbagian Hubungan Masyarakat Badan Pengawas Pasar Modal-Lembaga Keuangan Herry Siswanto dalam lokakarya bagi wartawan bertema Strategi Berinvestasi dan Menghindari Penipuan Investasi, di Yogyakarta, Jumat (11/2/2011).

Last Updated on Friday, 08 July 2011 16:14 Read more...

Inspirasi

E-mail Print PDF

Pernah mencoba es krim rasa jahe? Jika belum, tidak ada salahnya mengunjungi stan es krim rendah kolesterol (Renko) di pameran "Gerakan Kewirausahaan Nasional", UKM Convention Center Smesco, Jakarta, Rabu (3/2/2011).

Selain rasanya unik, es krim Renko juga dinilai dapat menurunkan kolesterol sehingga menyehatkan. "Untuk kesehatan memang bagus, rendah kolesterol dan gulanya pakai gula buah (gula fruktosa)", ujar Agus, petugas penjual es krim Renko. Selain rasa jahe, Renko juga menyediakan rasa herbal lain, seperti rasa jeruk kalamanci, akar alang-alang, dan mahkota dewa. "Rasa apa saja yang herbal bisa kami buatkan," kata Agus. Di samping itu, Renko juga tersedia dalam rasa moka, cokelat, dan stroberi. "Karena basic-nya (dasar) kesehatan. Jadi es krim supaya anak-anak makanannya juga bisa sehat," katanya.

Last Updated on Friday, 08 July 2011 16:17 Read more...

More Articles...